Doa Sebelum Tidur Dan Bangun Tidur

Niat Doa Sebelum Tidur Dan Bangun Tidur – Setelah sibuk kerja dan beraktivitas seharian dan malam hari merupakan waktunya untuk beristirahat dan mengumpulkan segenap tenaga untuk persiapan keesokan harinya, untuk itu kita sebagai umat muslim saat akan tidur di anjurkan untuk berdoa dan berniat yang sudah di sunnahkan di dalam ajaran agama islam, adapun pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit tentang tambah ilmu yaitu doa sebelum tidur untuk agama islam dan doa bangun tidur untuk agama islam.

  • Niat Doa Sebelum Tidur
Niat Doa Sebelum Tidur

Niat Doa Sebelum Tidur

بِسْمِكَ اللّهُمَّ اَحْيَا وَاَمُوْتُ

Latin : Bismikallohumma ahyaa wa amuut

Artinya : “Dengan nama-Mu ya Allah, aku hidup dan mati.”

  • Niat Doa Bangun Tidur
Doa Bangun Tidur

Doa Bangun Tidur

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِى أَحْيَانَا بَعْدَمَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُورُ

Latin : alhamdulillahil ladzi ahyana ba’da ma amatana wailaihin nusyur

Artinya : Segala puji bagi Allah yang menghidupkan aku kembali setelah mematikan aku dan kepada Allah akan bangkit

  • Hadits Tentang Doa Sebelum Tidur dan Bangun Tidur

Berdasarkan hadits Al Baro’ bin ‘Azib, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda

إِذَا أَتَيْتَ مَضْجَعَكَ فَتَوَضَّأْ وُضُوءَكَ لِلصَّلاَةِ ، ثُمَّ اضْطَجِعْ عَلَى شِقِّكَ الأَيْمَنِ

Artinya : “Jika kamu mendatangi tempat tidurmu maka wudhulah seperti wudhu untuk shalat, lalu berbaringlah pada sisi kanan badanmu” (HR. Bukhari no. 247 dan Muslim no. 2710)

Dari Hudzaifah, ia berkata

كَانَ النَّبِىُّ – صلى الله عليه وسلم – إِذَا أَرَادَ أَنْ يَنَامَ قَالَ « بِاسْمِكَ اللَّهُمَّ أَمُوتُ وَأَحْيَا » . وَإِذَا اسْتَيْقَظَ مِنْ مَنَامِهِ قَالَ « الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِى أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا ، وَإِلَيْهِ النُّشُورُ »

Artinya : “Apabila Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam hendak tidur, beliau mengucapkan: ‘Bismika allahumma amuutu wa ahya (Dengan nama-Mu, Ya Allah aku mati dan aku hidup).’ Dan apabila bangun tidur, beliau mengucapkan: “Alhamdulillahilladzii ahyaana ba’da maa amatana wailaihi nusyur (Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah mematikan kami, dan kepada-Nya lah tempat kembali).” (HR. Bukhari no. 6324).

Diriwayatkan dari Abi Barzah, beliau berkata :

أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – كَانَ يَكْرَهُ النَّوْمَ قَبْلَ الْعِشَاءِ وَالْحَدِيثَ بَعْدَهَا

Artinya : “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam membenci tidur sebelum shalat ‘Isya dan ngobrol-ngobrol setelahnya.” (HR. Bukhari no. 568).

Demikianlah ilmu tambahan dalam sunnah agama islam mengenai Bacaan Doa Sebelum Tidur Dan Bangun Tidur semoga dapat menambah keimanan bagi kita semua.